Pohon dan Daun Berguguran

beautiful-autumn1

Pohon:
Wahai daun yang telah bersahabat dengan tanah
Dinginnya tanah yang kan membusukkanmu tetap saja kau terima
Mengapa tak kau tolak saja
Bahkan kau bisa bermain dengan angin yang bisa menerbangkanmu
Barangkali ia akan membawamu ke tempat yang tak akan membuatmu hancur berkeping-keping

Daun:
Wahai pohon yang telah melepaskanku dari tempat tinggalku
Bukankan aku tetap menerima saat aku tak bisa lagi bersamamu
Padahal aku senang, lebih senang saat bersamamu
Menjadi hijau dan menyegarkan
Tapi ketika waktuku untuk jatuh
Maka aku akan tetap menerima
Meski harus bersahabat dengan dinginnya tanah dan hancur setelahnya
Namun barangkali itulah kebermanfaatku di bumi ini
Dengan aku hancur maka kau akan lebih subur
Hidupmu akan lebih panjang
Dan jika aku harus bersahabat dengan angin
Ia hanya akan mengumpulkanku dengan tumpukan daun kering lainnya
Yang nantinya hanya kan hancur menjadi debu
Habis oleh deraian api
Dan hilang begitu saja dalam kehitaman
Maka cukup bagiku menjadi daun
Yang akan membusuk dan menjadi berkah kesuburan alam

Tinggalkan Balasan

