Cuti Skripsi dan persiapan Ramadhan

Aku bosan…………….ternyata bosan juga ngerjain skripsi…. pernahkah teman2 merasakannya (tentunya yang pernah skripsi). He….

Lagi2 saya memilih untuk bloging saja ditengah kepenatan ngerjain skripsi. Sebenarnya ga setiap waktu apalagi seharian saya mengerjakan skripsi. Karena sebenarnya waktu malam seperti inilah jatah waktu untuk ngerjain skripsi (siangnya ngerjain apa2 dan ke mana2 he….). Tapi kalau perasaan penat, hem….rasanya pengen cari2 alasan buat ngenet lalu tertancaplah modem di laptop dan ngeblog di wordpress…..he….(mantaphz….-saking mantapnya buat alasan-).

Mending kita bahas aja yuk persiapan Ramadhan. Karena sebentar lagi insyaAllah kita akan bertemu dengan bulan yang menyuguhkan ladang amal pahala. Ingat!! Allah sudah menyuguhkan untuk kita, tinggal kitanya…mau atau tidak disuguhi pahala dari Allah . (siapa yang mau ketemu Ramadhan????tunjuk tangan!!!!….) —–saya…saya…saya—– (modeanakSD.com)

Ya Allah, pertemukanlah kami dengan Ramadhan tahun ini, seperti halnya kerinduan kami atas ampunan atas dosa2 yang telah kami lakukan

Ngambil dari blog sebelah di http://ihsan-magazine.blogspot.com/2011/07/4-persiapan-menyambut-ramadhan.html beberapa hal yang harus kita persiapkan untuk bertemu dengan Ramadhan, diantaranya ialah:

  1. 1.          Mempersiapan nurani atau persiapan ruhiyah
    Persiapan ruhiyah atau mempersiapkan nurani untuk menyambut bulan Ramadhan merupakan persiapan yang sudah seharusnya dipersiapkan. Persiapan ruhiyah dapat dilakukan dengan cara tazkiyatun nafs/ membersihkan hati dari penyakit-penyakit dalam jiwanya sehingga hati nurani akan bersih dari penyakit-penyakit yang dapat mengganggu ibadah di bulan Ramadhan nantinya.
    “Dan beruntunglah orang yang menyucikan jiwanya” (Asy-Syams:9)

    2. Mempersiapan ilmu tentang Ramadhan atau persiapan ilmiyah
    Ibadah di bulan Ramdhan akan lebih maksimal jika kita mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bulan Ramadhan yang dapat membekali kita untuk menjalani ibadah di bulan ini terutama ilmu-ilmu tentang amalan di bulan Ramadhan seperti hikmah puasa Ramadhan, tadarus Al-Quran, shalat Tarawih, i’tikaf di masjid hingga zakat. Kita dapat mengetahui ilmu yang dapat menjadi bekal ramadhan nantinya melalui banyak cara. Bisa dengan mengikuti pengajian/majelis, membaca buku tentang Ramadhan, bertanya kepada ahlinya, bisa juga mencari melalui media internet. Dengan mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Ramadhan kita akan lebih siap melaksanakan amalan-amalan di bulan Ramadhan.

3. Mempersiapkan fisik/ kesehatan atau persiapan jasadiyah
Puasa identik dengan ibadah yang memerlukan fisik yang prima. Orang yang fisiknya kuat akan lancar dalam menjalankan puasa. Oleh karen itu, kita perlu mempersiapkan fisik kita untuk menjalankan ibadah Ramadhan dengan lancar walaupun saat bekerja.
“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah” (HR.Muslim, Baihaki, Ibnu Majah)

4. Mempersiapkan harta atau persiapan maliyah
Mempersiapkan harta di bulan Ramadhan bukan berarti  untuk membeli makanan yang banyak, melainkan untuk amal ibadah seperti infak/shadaqah, zakat mal maupun zakat fitrah, atau memberi makanan buka puasa untuk orang lain.
Dengan melakukan persiapan di atas semoga ibadah kita di bulan Ramahan nantinya akan lebih maksimal dan tentunya mendapat pahala dari Allah Ta’ala. Pada akhirnya, Selamat menyambut bulan Ramadhan bagi umat muslim di seluruh dunia. Semoga artikel ini bermanfaat, paling tidak dapat mengingatkan satu sama lain tentang bulan Ramadhan yang akan segera datang

Yang tak boleh ketinggalan juga adalah buat daftar target2

Pelaksanaan amalan yaumiyah (tilawah, dzikir, dan kawan-kawannya) kita di ramadhan nanti, jangan lupa untuk dicatat, kalo perlu ditempel di dinding kamar kita (jangan di kamar sebelah, nanti dimarahin tetangga kamar…main nempel2 target sembarangan! )

Semoga Allah meridhoi rencana2 kita untuk bertemu dengan “tamu spesial ” tahun ini.

Selamat menyambut dengan hingar bingar Ramadhan Mubarrak. Semoga istiqomah!!!!!!!………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s